5 Fakta Menarik Seputar Sastra Anak

Noor H. Dee

5 Fakta Menarik Seputar Sastra Anak

Halo, Teman-Teman. Terima kasih sudah sudi mampir ke blog ini. Semoga apa yang saya tulis di sini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Kali ini saya ingin membahas 5 fakta menarik seputar sastra anak. Selamat membaca.

1. Picture Book Pertama di Dunia


Orbis Pictus (Visible World in Pictures) karangan John Amos Comenius ini adalah picture book pertama di dunia yang diterbitkan pada 1658 di Nuremberg, dalam bahasa latin dan Jerman. Edisi bahasa Inggrisnya terbit pada 1659. Buku ini terbagi dalam 150 bab yang mencakup berbagai topik: alam, botani, zoology, agama, dan manusia.

Jika penasaran ingin tahu bukunya seperti apa, silakan baca di sini: Orbis Pictus.

2. Buku Pop-Up Pertama di Dunia

5 Fakta Menarik Seputar Sastra Anak

Pada  1879-1950, lahirlah seorang manusia cerdas nan kreatif yang menerbitkan buku mekanis dengan struktur tiga dimensi: Stephen Louis Giraud. Giraud menerbitkan buku yang bisa berdiri tegak ketika halaman buku dibuka. Itulah buku yang dianggap sebagai buku pop-up pertama di dunia.

(Baca juga Sejarah Singkat Buku Pop-Up)

3. Picture Book Pertama yang Tokoh Utamanya Berkulit Hitam

5 Fakta Menarik Seputar Sastra Anak

Picture book berjudul The Snowy Day karya Ezra Jack Keats, yang diterbitkan pada 1962, dikenal sebagai picture book pertama yang tokoh utamanya adalah seorang anak Afrika-Amerika berkulit hitam. Sebelumnya, tokoh utama dalam buku-buku anak selalu berkulit putih. Sangat sulit menemukan buku-buku anak yang tokoh utamanya berkulit hitam pada masa itu.

4. Aesop adalah Seorang Budak Buruk Rupa

5 Fakta Menarik Seputar Sastra Anak

Aesop adalah tukang cerita asal Yunani. Kumpulan dongengnya kita kenal dengan sebutan Fabel Aesop. Ciri khas ceritanya adalah tokoh-tokohnya selalu berasal dari hewan atau benda mati yang bisa berbicara dan memiliki karakteristik seperti manusia. Keberadaan Aesop memang belum jelas, tetapi filsuf seperti Aristotle dan Herodotus pernah menulis tentang dirinya. Dan, dalam sebuah karya sastra kuno yang berjudul The Aesop Romance, Aesop diceritakan sebagai seorang budak buruk rupa yang memperoleh kebebasan karena kepandaiannya dan kemudian menjadi penasihat raja.

5. Alice in Wonderland Pernah Dilarang di China

5 Fakta Menarik Seputar Sastra Anak

Dulu, buku Alice in Wonderland karangan Lewis Carroll pernah dilarang di China. Pada 1931, Jenderal Ho Chien berkata, "Beruang, singa, dan binatang lainnya tidak bisa menggunakan bahasa manusia. Itu adalah penghinaan terhadap umat manusia."

Demikianlah 5 fakta menarik seputar sastra anak yang bisa saya tulis. Semoga terhibur. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Tentu saja masih seputar sastra dan buku anak.

Noor H. Dee / Editor & Penulis

Saya adalah seseorang yang mungkin pernah kamu temui di pinggir jalan, atau di stasiun kereta api, atau di dalam lift yang bergerak turun, atau di tengah kemacetan ibu kota, atau di mana saja, yang kemudian kamu lupakan begitu saja.

0 komentar:

Post a Comment

Coprights @ 2017, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates