5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

Noor H. Dee
5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

Halo, ketemu lagi dengan saya, Noor H. Dee, editor dan penulis buku anak. Sebelumnya saya sudah menulis artikel 5 Fakta Menarik Seputar Sastra Anak, kali ini saya akan menulis artikel 5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal. Siapa tahu saja kalian terhibur.

Selama menyimak!

1. Enid Blyton, Pengarang Lima Sekawan

5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

Sebelum Enid Blyton menjadi penulis terkenal Lima Sekawan, orangtuanya menginginkan Enid menjadi pemain piano. Namun, Enid meninggalkan pelajaran musiknya dan berlatih menjadi seorang guru. Saat menulis cerita, Enid bilang bahwa dia tidak pernah merencanakan apa-apa. Dia hanya membiarkan imajinasinya mengalir dengan liar begitu saja. Enid biasanya menulis 10.000 kata perhari! Seumur hidupnya, dia telah menulis lebih dari 600 buku anak, dan buku-bukunya telah terjual lebih dari 600 juta eksemplar!

2. J.M. Barrie, Pengarang Peter Pan

5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

J.M. Barrie masih berusia enam tahun saat saudara lelakinya, David, meninggal dunia dalam kecelakaan ice-skating. Kematian itu membuat ibu mereka putus asa. David adalah anak kesayangannya, dan dia meninggal dua hari sebelum ulang tahunnya yang keempat belas. Untuk menghibur ibunya, J.M. Barrie muda memutuskan untuk menggantikan saudaranya. Dia mengenakan pakaian David, berjalan dengan gaya berjalannya David, dan bahkan dia belajar cara bersiul David. Ibu J.M. Barrie akhirnya bisa mengatasi depresinya, tapi bukan karena perilaku aneh Barrie. Ibunya menghibur dirinya sendiri dengan keyakinan bahwa David akan tetap bersamanya selama-lamanya sebagai anak laki-laki yang tidak akan pernah tumbuh dewasa. J.M. Barrie sangat menyukai gagasan tersebut sehingga akhirnya dia menciptakan sebuah cerita legendaris sepanjang masa: Peter Pan.

3. C.S. Lewis, Pengarang The Chronicles of Narnia

5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

Saat menulis versi pertama The Lion, The Witch, and The Wardrobe (bagian pertama dari The Chronicles of Narnia), Lewis menunjukkannya kepada teman-temannya. Ternyata, mereka mengkritik naskah tersebut. Tanpa pikir panjang, Lewis segera menghancurkan naskah itu dan dia menulis ulang dari nol.

4. Road Dahl, Pengarang Charlie and The Chocolate Factory

5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

Sebelum menjadi pengarang cerita anak legendaris, Road Dahl adalah pilot pesawat tempur pada saat Perang Dunia II. Dia pernah bertempur melawan enam pesawat musuh sendirian. Bahkan, dia pernah membuat dua puluh pesawat Jerman berakhir menjadi tumpukan sampah logam berasap yang tidak berguna. Pada 1940, dalam salah satu misi penerbangannya, Road Dahl jatuh di padang pasir karena dia telah diberi tahu arah yang salah. Untungnya dia selamat, sehingga kita bisa membaca karya-karyanya yang sangat menakjubkan.

5. H.C. Andersen, Pengarang dongeng The Ugly Duckling

5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

Siapa yang tidak mengenal pengarang dongeng ini? Nama H.C. Andersen begitu mendunia karena karya-karya dongeng anaknya. Namun, tahukah kalian, bahwa pada awalnya kisah-kisah dongeng H.C. Andersen tidak terkenal? Butuh waktu hampir 10 tahun sebelum akhirnya semua dongeng-dongengnya diterima dengan baik oleh anak-anak dan orangtua. Karya-karyanya terjual habis. Andersen berusia 30-an tahun saat dia menulis dongeng-dongengnya, tapi semuanya tidak ada yang berhasil sampai akhirnya dia berusia 40-an tahun. Jadi, kalau kamu merasa belum sukses-sukses dalam menulis cerita anak, mudah-mudahan kisah H.C. Andersen ini bisa kamu jadikan sebagai penyemangat kamu.

Sekian.[]

Noor H. Dee / Editor & Penulis

Saya adalah seseorang yang mungkin pernah kamu temui di pinggir jalan, atau di stasiun kereta api, atau di dalam lift yang bergerak turun, atau di tengah kemacetan ibu kota, atau di mana saja, yang kemudian kamu lupakan begitu saja.

2 komentar:

  1. Waaaah, lumayan berliku ya, perjalanan para penulis buku anak terkenal itu. Mereka favorit saya semua dan banyaaak belajar dari karya2 mereka. Fakta2 tentang mereka dalam postingan ini jadi bikin semangat. Gak boleh menyerah kalau gagal. Tetap harus semangat, semangat, dan semangat!

    ReplyDelete

Coprights @ 2017, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates