Tips Menulis Picture Books (bagian 2)

Noor H. Dee


Artikel ini lanjutan dari Tips Menulis Picture Books (bagian 1)

Di tulisan sebelumnya saya sudah membahas elemen yang terdapat di picture books, pembuatan karakter, dan struktur plot.

Kali ini saya ingin membahas perangkat narasi yang saya dapatkan ketika mengikuti loka karya SCBWI beberapa hari lalu.

Ayo kita mulai!

Alfredo Santos mengenalkan beberapa perangkat narasi kepada peserta. Perangkat-perangkat narasi itu nantinya bisa dijadikan cara untuk bercerita.

Berikut adalah sembilan perangkat narasi yang bisa kamu gunakan untuk bercerita.

Slice of Lifecerita sehari-hari

Ciri-ciri perangkat narasi ini biasanya dimulai dengan kalimat "Pada suatu hari, hiduplah seorang anak kecil yang bernama ...." Cerita tentang kehidupan sehari-hari sang karakter.

Travelogue or journeyperjalanan atau petualangan

Cerita perjalanan atau pertualangan dari satu daerah ke daerah lain, dan memiliki tujuan yang harus dicapai.

Dream motivemotif mimpi

Cerita yang mengikutsertakan peran mimpi di dalamnya. Biasanya, si karakter tertidur dan akhirnya masuk ke dalam dunia mimpi.

Natural cyclesiklus alamiah

Cerita yang di dalamnya membahas siklus alamiah seperti perubahan cuaca, perubahan siang dan malam, atau perjalanan air hujan.

Metamorphosismetamorfosa

Cerita yang di dalamnya mengulas perubahan sang karakter, seperti kecebong menjadi katak, ulat menjadi kupu-kupu, dan lain-lain.

Problem solvingpenyelesaian masalah

Dalam cerita ini, sang karakter akan berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri. Jangan biarkan peran orang dewasa membantu sang karakter seperti yang terdapat dalam cerita-cerita anak di Indonesia pada umumnya.

Trick deviceperangkat trik

Sang karakter akan menggunakan trik atau cara untuk mengalahkan sang kompetitor, seperti cerita kancil dan buaya.

Cause and effectsebab-akibat

Cerita jenis ini mengandung unsur sebab-akibat. Misalnya sang karakter tidak pernah mau menggosok gigi setiap kali ingin tidur, akhirnya dia pun sakit gigi.

Numerical sequences or patterns

Cerita-cerita yang didalamnya bertujuan untuk mengenalkan konsep-konsep tertentu, seperti konsep warna, bentuk, angka, dan lain-lain. Buku-buku yang di dalamnya terdapat langkah-langkah memasak juga termasuk.

Begitulah sembilan perangkat narasi yang bisa kita gunakan ketika ingin menulis picture books. Pilihlah yang sesuai dengan karakter buatan kita. Namun, harap diingat, semua perangkat narasi di atas tidak akan berguna jika konsep karakter buatan kita masih belum tergarap dengan baik.

Sekian dulu, ya. Di lain kesempatan saya akan membahas langkah-langkah menulis picture books dan pertanyaan-pertanyaan seputar merevisi cerita.

Tunggu saja, ya.

(bersambung)

Noor H. Dee / Editor & Penulis

Saya adalah seseorang yang mungkin pernah kamu temui di pinggir jalan, atau di stasiun kereta api, atau di dalam lift yang bergerak turun, atau di tengah kemacetan ibu kota, atau di mana saja, yang kemudian kamu lupakan begitu saja.

0 komentar:

Post a Comment

Coprights @ 2017, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates